PENGARUH ATRIBUT PRODUK ISLAMI DAN KUALITAS PELAYANAN TERHADAP KEPUASAN NASABAH BSI KCP-SAMATIGA
Abstract
BSI KCP Samatiga merupakan bank syariah yang masih berkembang dari segi kualitas produk maupun dari segi layanannya. Berdasarkan informasi yang didapatkan peneliti dari hasil observasi lapangan, masih banyak keluhan dari nasabah yang merasa kurang puas dengan layanan yang diberikan oleh Bank BSI terutama dalam hal atribut produk islami maupun pelayanannya. Tujuan Penelitian ini adalah untuk mengetahui pengaruh atribut produk islami dan kualitas layanan terhadap kepuasan nasabah Bank BSI KCP Samatiga. Penelitian ini menggunakan analisis kuantitatif dengan metode analisis regresi linear berganda. Variabel yang digunakan adalah atribut produk islami (X1), kualitas layanan (X2), dan kepuasan nasabah (Y). Hasil penelitian menunjukkan atribut produk islami berpengaruh secara signifikan terhadap kepuasan nasabah dengan nilai signifikansi sebesar 0,014 lebih kecil dari 0,05. 2. Kualitas layanan berpengaruh secara signifikan terhadap kepuasan nasabah dengan nilai signifikansi sebesar 0,000 lebih kecil dari 0,05. Dan 3. Atribut produk islami dan kualitas layanan berpengaruh secara signifikan secara bersama-sama terhadap kepuasan nasabah dengan nilai signifikansi sebesar 0,000 lebih kecil dari 0,05.
References
[2] R. Sitinjak, J. Jushermi and H. Noviasari, Analisis Pengaruh Atribut Produk Islami Dan Kualitas Pelayanan Terhadap Kepuasan Nasabah Dan Loyalitas Nasabah Pada PT Bank Negara Indonesia Syariah (BNI Syariah) Pekanbaru , Doctoral dissertation, Riau University, 2015.
[3] S. Suryani, Analisis Pengaruh Kualitas Layanan Dan Atribut Produk Perbankan Syariah Terhadap Kepuasan Nasabah Pada Bank BRI Syariah Kantor Cabang Pembantu Ponorogo , Doctoral dissertation, IAIN Ponorogo, 2019.
[4] F. N. Afifah and H. U. Juju, Pengaruh Atribut Produk, Harga Dan Citra Merek Terhadap Proses Keputusan Pembelian (Survei Pada Mahasiswa S1 Fakultas Ekonomi Dan Bisnis Universitas Pasundan Sebagai Pengguna Smartphone Vivo), Doctoral dissertation, Perpustakaan Fakultas Ekonomi dan Bisnis Unpas, 2019.
[5] I. E. Prastiwi, "Pengaruh Persepsi Anggota Pada Sharia Compliance, Komitmen Agama dan Atribut Produk Islam Terhadap Customer’s Trust Yang Berdampak Pada Keputusan Menggunakan Jasa Lembaga Keuangan Syariah (Studi Pada BMT Amanah Ummah Sukoharjo)," Jurnal Ilmiah Ekonomi Islam, vol. 4(1), pp. 28-40, 2018.
[6] F. Tjiptono, Strategi Pemasaran Edisi 3, Yogyakarta: Andi Offset, 2008.
[7] F. N. Diana, Analisis Kualitas Pelayanan Dalam Upaya Meningkatkan Kepuasan Anggota Koperasi PRIMKOPPOL MAPOLDA KALSEL, Doctoral dissertation, Universitas Islam Kalimantan MAB, 2020.
[8] N. I. Febriana, " Analisis kualitas pelayanan bank terhadap kepuasan nasabah pada bank muamalat Indonesia kantor cabang pembantu Tulungagung," An-Nisbah: Jurnal Ekonomi Syariah, vol. 3(1), pp. 147-168, 2016.
[9] D. Aryani and F. Rosinta, "Pengaruh kualitas layanan terhadap kepuasan pelanggan dalam membentuk loyalitas pelanggan," BISNIS & BIROKRASI: Jurnal Ilmu Administrasi dan Organisasi, vol. 17(2), 2010.
[10] Ratminto and A. Winarsih, Manajemen Pelayanan, Jakarta: Pustaka Pelajar, 2005.
[11] P. Kotler and K. Keller, Manajemen Pemasaran, Edisi 13, Jilid 2, Jakarta: Erlangga, 2012.
[12] A. P. Yuliawati, Analisis Faktor Faktor Yang Mempengaruhi Kepuasan Nasabah Dalam Pelayanan Di Bank Muamalat KCP Ponorogo, Doctoral dissertation, IAIN Ponorogo, 2019.
[13] A. Rukajat, Pendekatan Penelitian Kuantitatif: Quantitative Research Approach, Deepublish, 2018.
[14] V. W. Sujarweni, Metodelogi penelitian, Yogyakarta: Pustaka Baru Perss, 2014.
[15] Sugiyono, Metode Penelitian Kuantitatif, Kualitatif, dan R&D, Bandung: Alfabeta, 2010.
[16] P. Suharso, Metode Penelitian Kuantitatif Untuk Bisnis: Pendekatan Filosofis dan Praktis, Jakarta: PT. Indeks, 2009.
[17] T. A. Muslimin and A. Kartiko, "Pengaruh sarana dan prasarana terhadap mutu pendidikan di madrasah bertaraf internasional Nurul Ummah Pacet Mojokerto," Munaddhomah: Jurnal Manajemen Pendidikan Islam, vol. 1(2), pp. 75-87, 2020.