PENINGKATAN PEMASARAN PRODUK UMKM KULINER DALAM PLATFORM E-COMMERCE DI TANJUNG PRIOK

  • Rutinaias Haholongan Sekolah Tinggi Ilmu Ekonomi Indonesia Jakarta
  • Cici Amelia STIE INDONESIA JAKARTA
  • Syaffa Marisca Firdaus Sekolah Tinggi Ilmu Ekonomi Indonesia Jakarta
  • Ibnu Firmansyah Sekolah Tinggi Ilmu Ekonomi Indonesia Jakarta
  • Alexandro Rafael Sekolah Tinggi Ilmu Ekonomi Indonesia Jakarta
  • Daniel Lin Sekolah Tinggi Ilmu Ekonomi Indonesia Jakarta

Abstract

Dengan kemajuan teknologi dan informasi yang pesat membuat Masyarakat untuk selalu berhubungan dengan dunia yang modern terutama pada internet. Digitalisasi menjadi gaya hidup masyarakat di era yang modern ini. Pemanfaatan teknologi digitalisasi ini banyak digunakan oleh para pelaku usaha terutama pada pelaku Usaha Kecil dan Menengah atau (UMKM). Dalam menghadapi persaingan yang ketat, para pelaku UMKM harus memiliki metode pemasaran yang mengikuti perkembangan di era modern ini. Salah satu bentuk pemasaran yang mengikuti era modern ini adalah jual beli menggunakan internet atau nama lainnya yaitu E-Commerce. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui peningkatan pemasaran produk UMKM khususnya di bidang kuliner dalam platform E-Commerce di Tanjung Priok. Metode wawancara sebagai metode yang digunakan untuk penelitian ini dengan analisis kualitatif. Hasil dari penelitian ini menunjukan pemasaran menggunakan E-Commerce dapat meningkatkan hasil pendapatan dari pelaku UMKM dan produk yang dijualkan akan mudah diketahui oleh konsumen. Penggunaan E-Commerce ini akan dapat menghemat pengeluaran biaya untuk promosi dan meningkatkan transaksi penjualan. Pemasaran menggunakan E-Commerce ini yang akhirnya dapat meningkatkan penjualan produk UMKM Nasi Bebek Ayam Penyet di Tanjung Priok.

References

[1] Achmad Jamaludin, Zainul Arifin, Kadarisman Hidayat.(2015).Pengaruh Promosi Online dan Persepsi Harga terhadap Keputusan Pembelian. Jurnal Administrasi Bisnis 21(1).
[2] AL Diana , R Haholongan. (2021).Dampak Makro Ekonomi Terhadap Indeks Harga Saham Gabungan Di Indonesia. Eqien-Jurnal Ekonomi dan Bisnis 8 (2), 138–143-138–143
[3] E Elvira, UN Kholifah, R Haholongan,. (2023). Strategi perusahaan untuk meningkatkan karir karyawan: manajemen pengetahuan, persepsi keterampilan, persepsi sikap, dan motivasi kerja Inovasi: Jurnal Ekonomi, Keuangan
, dan Manajemen 19 (2), 349-358
[4] Irmawati, Dewi.(2011) "Pemanfaatan E-commerce dalam dunia Bisnis ." Jurnal Ilmiah Orasi Bisnis , 95-112
[5] Magdelana, Hilya. dan Ellyani, Widya.(2017).Strategi Memanfaatkan E-Commerce Dalam Memasarkan Makanan Khas Bangka. Journal Studi Kasus. Universitas Klabat.
[6] Nirmalisa, R Haholongan, S Fazreen, DR Putri, AD Hapsari, N.Septiana. (2024).Penyuluhan Penggunaan QRIS Sebagai Alat Pembayaran Kepada Pelaku Usaha Ikan Hias Jatinegara. Community Development Journal: Jurnal Pengabdian Masyarakat 5 (2), 3223-3227
[7] Orinaldi, Mohammad. (2020). Peran E-Commerce dalam Meningkatkan Resilensi Bisnis diera Pandemi. Journal Studi Kasus Universitas Islam Negeri Sultan Thaha Syaifuddin Jambi.
[8] Ranica, Apprilisda. dan Maria, Devi. (2023). Peran E-commerce Sebagai Media Komunikasi Bisnis Dalam Peningkatan Penjualan UMKM Salaut Di Universitas Teknologi Digita. Journal Kajian dan Penelitian Umum, Vol.1.
[9] R Haholongan, R Maronrong, K Krisnando (2019). Pelatihan dan Pengembangan Sumber Daya Manusia Berbasis Integrated Bisnis Simulator (IBS) pada Guru SMK di Jakarta. Jurnal Ilmiah Pangabdhi 5 (1)
[10] R Haholongan, R Maronrong, A Burda, J Hariyanto.(2023). Pelatihan Internal Auditor ISO 9001:2015 Pada karyawan Sekolah Tinggi Ilmu Ekonomi Indonesia Jakarta.. Jurnal Abdimas Bina Bangsa 4 (1), 717-724
[11] Shaid, Nur Jamal. (2023). Pengertian UMKM, Kriteria, Ciri dan Contohnya.
[12] Shahrzad Shahriari, Mohammadreza Shahriari, Saeid Gheiji. (2015) E-Commerce and IT Impacts on Global Trend and Market." International Journal of Research -Granthaalayah 3(4).
[13] Suryati, Desi. (2023). Pengembangan Usaha UMKM Sektor Kuliner Melalui Digital Marketing di Kota Mataram. Journal Ilmu Sosial, Ekonomi dan Bisnis
[14] T Prasetyo, RP Dewi , K Krisnando, R Haholongan, B Pratama, , A Aliyah (2024). Penyuluhan Teknologi E-Commerce dalam perkembangan UMKM Street Food di Rawamangun. MAJU: Indonesian Journal of Community Empowerment 1 (2), 40-46
Published
2024-06-30
How to Cite
HAHOLONGAN, Rutinaias et al. PENINGKATAN PEMASARAN PRODUK UMKM KULINER DALAM PLATFORM E-COMMERCE DI TANJUNG PRIOK. Jurnal Ekonomi dan Bisnis (EK dan BI), [S.l.], v. 7, n. 1, p. 65-69, june 2024. ISSN 2621-4695. Available at: <https://jurnal.murnisadar.ac.id/index.php/EKBI/article/view/1273>. Date accessed: 03 dec. 2024. doi: https://doi.org/10.37600/ekbi.v7i1.1273.
Section
Articles