STRATEGI MEMBANGUN LOYALITAS MEREK MELALUI KEPERCAYAAN PELANGGAN UNTUK MENINGKATKAN PENJUALAN SUNSCREEN WARDAH

  • Aluna margareta Universitas Sahid Surakarta
  • Dea Luthfiana Fatihah Universitas Sahid Surakarta
  • Anggit Dyah Kusumastuti Universitas Sahid Surakarta

Abstract

Loyalitas merek pada perusahaan mampu meningkatkan citra perusahaan dan menciptakan pelanggan yang setia. Sebagai implementasi dalam membangun loyalitas merek perusahaan dapat melakukan dengan membangun kepercayaan pelanggan. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui lebih luas strategi apa saja yang dapat dilakukan oleh perusahaan untuk membangun loyalitas merek dan meningkatkan penjualan sunscreen pada perusahaan Wardah. Penelitian ini mengguanakan pendekatan kualitatif dengan menggunakan data sekunder dan penelitian terdahulu melalui studi literatur. Hasil penelitian ini menyatakan bahwa loyalitas merek terbentuk dari kepercayaan pelanggan yang dapat dilihat dari tingkat kepuasan, baik itu dari kepuasan akan kualitas maupun dari bentuk pelayanan yang diberikan. Dengan strategi yang tepat maka dapat menjadikan perusahaan mampu meningkatkan loyalitas terhadap suatu merek.

References

[1] W. Suntoro and Y. B. R. Silintowe, “Analisis Pengaruh Pengalaman Merek, Kepercayaan Merek, dan Kepuasan Merek terhadap Loyalitas Merek,” Maneggio J. Ilm. Magister Manaj., vol. 32, no. 1, pp. 25–41, 2020, [Online]. Available: http://ojs.uajy.ac.id/index.php/modus/article/view/3194
[2] S. Nurhayati, “Pengaruh Brand Trust, Brand Experience dan Kepuasan Pelanggan terhadap Loyalitas Pelanggan,” J. Bisnis, Manajemen, dan Akunt., vol. VII, no. 2, pp. 188–198, 2020.
[3] M. Anang Firmansyah, “Buku Pemasaran Produk dan Merek,” Buku Pemasar. Prod. dan Merek, no. August, pp. 143–144, 2019.
[4] S. Nurdin and N. Putra, “Membangun Kepuasan Pelanggan Melalui Kepercayaan Pelanggan dalam Menggunakan Kartu Pascabayar HALO,” JESYA J. Ekon. Ekon. Syariah, vol. 2, no. 1, pp. 108–114, 2019, [Online]. Available: https://stiealwashliyahsibolga.ac.id/jurnal/index.php/jesya/article/view/50
[5] G. Santoso and P. B. Mahargiono, “Pengaruh Kepercayaan, Harga dan Kualitas Produk Terhadap Minat Beli Ulang Konsumen Pada Kosmetik Wardah (Studi Kasus Pada Mahasiswi Stiesia Surabaya) Sekolah Tinggi Ilmu Ekonomi Indonesia (STIESIA) Surabaya,” Ilmu dan Ris. Manaj., vol. 12, no. 8, pp. 1–16, 2023.
[6] A. C. Nisak, “Pengaruh Labelisasi Halal terhadap Proses Keputusan Pembelian Produk Kosmetik Wardah,” Insa. ISSN 2407-6856 | Vol. 7 No.2 Desember 2020, vol. 7, no. 2, pp. 125–138, 2020.
[7] M. P. Andita, S. Sulastri, and Z. Wahab, “Peran kepercayaan merek sebagai variabel mediasi pada hubungan kepribadian merek halal dan loyalitas merek,” J. Manaj. Maranatha, vol. 21, no. 1, pp. 45–54, 2021, doi: 10.28932/jmm.v21i1.4066.
[8] E. dkk ELLIYANA, Dasar-dasar Pemasaran ELA ELLIYANA LIDIANA TRI SIWI AGUSTINA YENI SEDYONINGSIH HABIBIE KADIR ABDUROHIM BAYU IMANUDDIN E. ELIA ARDYAN YULIANI LILI MARLINAH H. MOHDARI H. GAZALI FEBRISI DWITA SISWATI RACHMAN NIA KURNIATI BACHTIAR Penerbit: AHLIMEDIA PRESS, vol. 1. 2022. [Online]. Available: www.ahlimediapress.com
Published
2024-06-30
How to Cite
MARGARETA, Aluna; FATIHAH, Dea Luthfiana; KUSUMASTUTI, Anggit Dyah. STRATEGI MEMBANGUN LOYALITAS MEREK MELALUI KEPERCAYAAN PELANGGAN UNTUK MENINGKATKAN PENJUALAN SUNSCREEN WARDAH. Jurnal Ekonomi dan Bisnis (EK&BI), [S.l.], v. 7, n. 1, p. 113-118, june 2024. ISSN 2621-4695. Available at: <https://jurnal.murnisadar.ac.id/index.php/EKBI/article/view/1340>. Date accessed: 26 apr. 2025. doi: https://doi.org/10.37600/ekbi.v7i1.1340.
Section
Articles