ANALISIS PEMBELAJARAN LITERASI KEUANGAN MELALUI KONTEN VIDEO: TINJAUAN PADA SHORT VIDEO TIKTOK

  • Haerunisa - Universitas Pendidikan Indonesia
  • Mochammad Reza Putra Nugroho Universitas Pendidikan Indonesia
  • Meisya Putri Izati Universitas Pendidikan Indonesia
  • Salmadila Ramadhanty Universitas Pendidikan Indonesia
  • Buyung Firmansyah Universitas Pendidikan Indonesia

Abstract

The purpose of this study is to analyze the application of education to the public regarding financial literacy through video content on social media on the TikTok platform. The method used in this research is a qualitative method. Qualitative method is a method used to solve research problems through observation activities in the form of narratives. The results of research using the observation method by analyzing Raymond Chin's video content on the TikTok platform. This study shows that Raymond Chin has met the indicators analyzed, including Raymond Chin's ability to provide fast and relevant information to the audience using hand gestures, voice intonation that makes his performance not look monotonous, and uses informal language and often uses English and slang to attract the audience. This makes Ryamond Chin very popular for audiences who want to learn and have an interest in financial literacy. In his video content, Raymond Chin is able to invite the audience to feel what he says so that it can generate interest to make the audience care about the messenger from him.

References

Annur, C. M. (2023, May 24). 10 Negara dengan Jumlah Pengguna TikTok Terbanyak di Dunia (April 2023). Databoks. Diakses pada 12 Maret 2024 dari https://databoks.katadata.co.id/datapublish/2023/05/24/pengguna-tiktok-di-indonesia-terbanyak-kedua-di-dunia-per-april-2023-nyaris-salip-as
Apriliani, R. (2023). URGENSI KETERAMPILAN LITERASI KEUANGAN SEJAK DINI: ANALISIS KENDALA DAN PROSPEK. Prosiding Seminar Nasional Indonesia, 1(1), 1–16.
Andiani, D. A. P., & Maria, R. (2023). Pengaruh Financial Technology dan Literasi Keuangan Terhadap Perilaku Keuangan Pada Generasi Z. JURNAL AKUNTANSI BISNIS DAN EKONOMI, 9(2).
Cahyono, A. S. (2016). PENGARUH MEDIA SOSIAL TERHADAP PERUBAHAN SOSIAL MASYARAKAT DI INDONESIA. PUBLICIANA, 9(1), 140-157. https://journal.unita.ac.id/index.php/publiciana/article/view/79/73
Evanti, V. (2019). PEMANFAATAN KEKAYAAN MEDIA SOSIAL OLEH MOJOK.CO (Studi Deskriptif Kualitatif Pada Akun Twitter @mojokdotco dalam Menambah Jumlah. Digilib UIN-SUKA. Retrieved April 29, 2024, dari https://digilib.uin-suka.ac.id/id/eprint/50163/1/15730042_BAB%20I_BAB%20IV_DAFTAR%20PUSTAKA.pdf
Jauhari, S. S. (2023, 12 9). TikTok Jadi Media Sosial dengan Waktu Penggunaan Terlama, Lebih Dari 50 Menit per Hari. GoodStats. Diakses pada 12 Maret 2024 dari https://data.goodstats.id/statistic/tiktok-jadi-media-sosial-dengan-waktu-penggunaan-terlama-lebih-dari-50-menit-per-hari-V8ySw
Literasi Keuangan. (n.d.). Otoritas Jasa Keuangan. Diakses pada 12 Maret 2024 dari https://ojk.go.id/id/kanal/edukasi-dan-perlindungan-konsumen/Pages/literasi-keuangan.aspx#:~:text=Literasi%20Keuangan%20adalah%20pengetahuan%2C%20keterampilan,untuk%20mencapai%20kesejahteraan%20keuangan%20masyarakat
Maulana, I., Manulang, J. M. br, & Salsabila, O. (2020). Pengaruh Social Media Influencer Terhadap Perilaku Konsumtif di Era Ekonomi Digital. In Majalah Ilmiah Bijak (Vol. 17, Issue 1). https://ojs.stiami.ac.id/
Moleong, L. J. (1993). Metodologi Penelitian Kualitatif (T. Surjaman, Ed.; 1st ed.). Remaja Rosdakarya.
Narbuko, C., & Achmadi, A. (2005). Metodologi penelitian. PT. Bumi Aksara.
Saifulllah. (2006). Buku Panduan Metodologi Penelitian. Fakultas Syariah UIN.
Sangadji, E. M., & Sopiah. (2010). Metodologi penelitian : pendekatan praktis dalam penelitian (1st ed.). ANDI .
Sappaile, B. I. (2007). KONSEP INSTRUMEN PENELITIAN PENDIDIKAN. https://www.researchgate.net/publication/338630469_KONSEP_INSTRUMEN_PENELITIAN_PENDIDIKAN
Saskia, C., & Nistanto, R. K. (2023, February 14). 15 Medsos Favorit Orang Indonesia, Nomor 1 Bukan Instagram. Kompas.Com. Diakses pada 12 Maret 2024 dari https://tekno.kompas.com/read/2023/02/14/10300097/15-medsos-favorit-orang-indonesia-nomor-1-bukan-instagram
Saudjana, N., & Kusuma, A. (2002). Proposal Penelitian di Perguruan Tinggi . Sinar Baru Argasindo.
Sofyana, R. B. (2023). ANALISIS PEMANFAATAN MEDIA SOSIAL INSTAGRAM KUCINGKITA.SUB SEBAGAI MEDIA PROMOSI. Prosiding Seminar Nasional Mahasiswa Komunikasi, 1. https://conference.untag-sby.ac.id/index.php/semakom/article/view/2698
Tinjauan literatur. (n.d.). Universitas STEKOM. Diakses pada 12 Maret 2024 dari https://p2k.stekom.ac.id/ensiklopedia/Tinjauan_literatur
Wahidmurni. (2017). PEMAPARAN METODE PENELITIAN KUALITATIF.
Published
2024-06-30
How to Cite
-, Haerunisa et al. ANALISIS PEMBELAJARAN LITERASI KEUANGAN MELALUI KONTEN VIDEO: TINJAUAN PADA SHORT VIDEO TIKTOK. Jurnal Ekonomi dan Bisnis (EK dan BI), [S.l.], v. 7, n. 1, p. 228-233, june 2024. ISSN 2621-4695. Available at: <https://jurnal.murnisadar.ac.id/index.php/EKBI/article/view/1344>. Date accessed: 05 oct. 2024. doi: https://doi.org/10.37600/ekbi.v7i1.1344.
Section
Articles