ANALISA TRANSFORMASI DIGITAL MARKETING BISNIS UMKM MELALUI PEMANFAATAN STRATEGI SOCIAL MEDIA MARKETING

  • Fungki Wahyu Universitas Putra Indonesia YPTK Padang
  • Jhon Veri Universitas Putra Indonesia YPTK Padang

Abstract

Di era digital saat ini, teknologi dan internet telah memudahkan berbagai aspek kehidupan, termasuk sektor Usaha Mikro, Kecil, dan Menengah (UMKM) yang berperan penting dalam perekonomian Indonesia. Selain memberikan lapangan kerja, UMKM juga mendorong pertumbuhan ekonomi. Penelitian ini menggunakan metode Systematic Literature Review (SLR) untuk memahami pemanfaatan media pemasaran sosial dalam transformasi bisnis digital UMKM. Metodologi SLR meliputi observasi, observasi literatur, dokumentasi, dan kesimpulan. Penelitian ini fokus pada mengidentifikasi jenis platform media sosial yang digunakan oleh UMKM dan dampak pemasaran digital terhadap profitabilitas bisnis mereka. Hasil tinjauan literatur menunjukkan bahwa Instagram merupakan platform yang paling banyak digunakan. Selain itu, pemasaran digital terbukti meningkatkan penjualan dan profitabilitas bisnis UMKM. Studi ini memberikan wawasan tentang pentingnya transformasi digital melalui media pemasaran sosial bagi UMKM di Indonesia

References

[1] E. T. I Gede Edy Artana, “Transformasi Digital Marketing Bisnis Cafe Melalui Pe ra.V12i2.1051.
[2] A. Kriswibowo, Inovasi Dalam Mewujudkan Sdg’s Pada Era Post Pandemik.
[3] A. L. Nurul Islah Watajdid And D. S. A. Fitroh, “Systematic Literature Review: Peran Media Sosial Terhadap Perkembangan Digital Marketing,” Vol. Xx, No. 2, Pp. 163–179, 2021.
[4] G. Urva, M. Pratiwi, And A. O. Syarief, “Optimalisasi Media Sosial Sebagai Penunjang Digital Marketing,” Vol. 2, No. 1, Pp. 56–61, 2022.
[5] T. P. N. Muljanto Silajadja, Pamela Magdalena, “Pemanfaatan Media Sosial (Digital Marketing) Untuk Pemasaran Produk Umkm,” Vol. 2, No. 2, Pp. 88–100, 2023.
[6] N. D. P. Khotim Fadhli, “Pengaruh Digital Marketing, Kualitas Produk, Dan Emosional Terhadap Kepuasan Konsumen Poskopi Zio Jombang,” Vol. 2, No. 2, Pp. 603–612, 2021.
[7] E. Sutisna Et Al., “Systematic Literature Review : Adversity Quotient Pada Kemampuan Pemecahan Masalah Matematis Siswa Berdasarkan Tahapan Polya,” Vol. 7, No. 2, Pp. 193–209, 2023.
[8] V. Herlina And S. Jacob, “Systematic Literature Review Hubungan Variabel Digital,” Vol. 5, No. 1, Pp. 107–115, 2022.
[9] A. M. Amri, “Analisis Strategi Bisnis Dan Digital Marketing Pada Umkm Kebuli Abuya,” No. 1, Pp. 2798–2807, 2022.
[10] I. G. A. D. Y. L P K Pratiwi, I Mtamba, I M Budiasa, N P A Amaral, “Pemberdayaan Umkm Melalui Pendampingan Manajemen Bisnis Dan Digital Marketing Di Masa Pandemi Covid-19,” Vol. 2, No. 1, Pp. 89–94, 2023.
[11] J. A. Utomo And D. Marketing, “Pemanfaatan Youtube Sebagai Digital Marketing Dalam Bidang Usaha Umkm Dari Perspektif Etika Bisnis,” Vol. 3, No. 2, Pp. 621–626, 2024.
[12] I. A. Anggreani, “Analisis Bibliometrik Penerapan Digital Marketing Dalam Pengembangan Bisnis Umkm,” Vol. 02, No. 01, Pp. 71–77, 2023.
[13] S. S. Putri, “Digital Marketing Sebagai Optimalisasi Strategi Pemasaran Wirausaha Muda ‘ Clothing Prjbus ’ Dalam Meningkatkan Omset Bisnis Umkm,” Vol. 6, No. 2, Pp. 65–72, 2022.
[14] M. Puspitasari And W. H. Adji, “Analisis Strategi Bisnis Digital Marketing Unit Corporate Sosial Responsibility ( Csr ) Dalam Meningkatkan Volume Penjualan Pada Umkm Binaan Pt Len Industri ( Persero ),” Vol. 4, No. 5, Pp. 6912–6920, 2023.
[15] S. Ikerismawati, I. Sholiha, And S. Hardiyanti, “Pendampingan Pemanfaatan Google Maps Dan Whatsapp Bisnis Sebagai Media Digital Marketing Bagi Umkm Di Kelurahan Sebani Kota Pasuruan,” Vol. 3, No. 3, Pp. 1294–1302, 2023.
[16] M. Saat, I. Waqfin, S. R. Wulandari, And F. M. Tifliya, “Penerapan Digital Marketing Sebagai Upaya Peningkatan Penjualan Pada Umkm Di Desa Kepuhdoko Jombang,” Vol. 2, No. 3, 2021.
[17] W. Oktaviani, J. H. Mahsyar, And W. Oktaviani, “Tape Ketan Desa,” 2023.
[18] Y. Indah And F. Dini, “Perancangan Strategi Digital Marketing Bisnis Pada Umkm Warung Jaka Tingkir,” Vol. 3, No. 2, Pp. 109–114, 2022, Doi: 10.47065/Jrespro.V3i2.2753.
[19] A. Marjukah, J. Prasetyo, A. Setyabudi, And P. Manajemen, “Peran Kolaborasi Bisnis Dan Digital Marketing Terhadap Kinerja Bisnis Umkm Di Masa Pandemic Covid-19,” No. Wnceb, Pp. 780–789, 2021.
[20] R. S. Budi Dharma, Putri Indah Fadillah And Email, “Jurnal Ilmu Komputer, Ekonomi Dan Manajemen (Jikem),” Vol. 2, No. 2, Pp. 3746–3762, 2022.
[21] M. Taufiq, M. Lubis, And G. Refiadi, “Optimalisasi Bisnis Digital Dengan Pendampingan Sebagai Perencanaan Strategi Pemasaran Umkm Ranting Muhammadiyah Tasikmalaya,” Vol. 4, No. 3, Pp. 1737–1744, 2023.
[22] R. R. Hidayat, D. P. Putri, R. B. Putra, S. T. Informatika, F. I. Komputer, And U. M. Buana, “Digital Marketing Dengan Menggunakan Google Bisnis Untuk Para Usaha Mikro , Kecil , Dan Menengah ( Umkm ) Di Kelurahan Palmerah,” Vol. 2, No. 1, Pp. 1–13, 2022.
[23] H. S. Harahap And N. K. Dewi, “Edukasi Digital Marketing : Pembuatan Konten Dan Caption Pada Instagram Bisnis Bagi Pelaku Umkm Di Fkrw Teluk Pucung ,” Vol. 6, No. 2, Pp. 277–285, 2022.
[24] M. F. Rizky And E. Permana, “Analisis Strategi Bisnis Menggunakan Digital Marketing Pada Umkm Pasca Pandemi Covid-19,” Pp. 142–150.
[25] N. N. Shevia, Arafah, M. Kamilatunaimah, C. Huang, And R. Fahlevi, “Strategi Digital Marketing Menggunakan Media Sosial Dan E-Commerce Dalam Pengembangan Bisnis Umkm Yasmin ’ S Brownies,” Vol. 1, No. 4, Pp. 259–271, 2022.
[26] S. Riptiono, “Literasi Bisnis Digital Untuk Meningkatkan,” Vol. 1, No. 02, Pp. 30–33, 2023.
Published
2024-06-30
How to Cite
WAHYU, Fungki; VERI, Jhon. ANALISA TRANSFORMASI DIGITAL MARKETING BISNIS UMKM MELALUI PEMANFAATAN STRATEGI SOCIAL MEDIA MARKETING. Jurnal Ekonomi dan Bisnis (EK dan BI), [S.l.], v. 7, n. 1, p. 398-405, june 2024. ISSN 2621-4695. Available at: <https://jurnal.murnisadar.ac.id/index.php/EKBI/article/view/1423>. Date accessed: 03 dec. 2024. doi: https://doi.org/10.37600/ekbi.v7i1.1423.
Section
Articles