PENGARUH MATA KULIAH KEWIRAUSAHAAN TERHADAP MINAT BERWIRAUSAHA

  • Moh Saiful Anam Universitas Bojonegoro
  • Endang Endang Universitas Bojonegoro
  • Siti Alfiyana Universitas Bojonegoro
  • Dimas Surya Atmaja Universitas Bojonegoro
  • Dewi Fatmawati Universitas Bojonegoro

Abstract

The interests of the business community are critical to social and economic growth. Because entrepreneurship fosters an atmosphere that encourages innovation and long-term economic growth, it also makes a country more competitive in the global marketplace. The aim of this research is to find out how entrepreneurship courses at the Faculty of Economics, Bojonegoro University influence development economics students' interest in entrepreneurship. The research approach offered uses quantitative descriptive analysis methods. The number of samples in this study was 75 people, and the original data was in the form of a questionnaire with a Likert scale for measurement. Based on research findings, although the application of this course does not have a real impact on company interests, from an understanding perspective, it has a significant and positive influence on the entrepreneurial interest of development economics students at the Faculty of Economics, Bojonegoro University. from students enrolled in the development economics curriculum, Faculty of Economics, Bojonegoro University.

References

[1] R. Budiarto et al., Pengembangan UMKM antara konseptual dan pengalaman praktis. Ugm Press, 2018.
[2] S. K. S. Dewi, Konsep dan pengembangan kewirausahaan di Indonesia. Deepublish, 2017.
[3] M. Indriayu, M. P. Harini, M. P. Sudarno, J. A. Nugroho, M. M. SE, and D. Octoria, Pendidikan kewirausahaan berbasis keterampilan non kognitif dapat membentuk generasi yang job creator. Deepublish, 2022.
[4] J. S. Hendrawan and H. Sirine, “Pengaruh sikap mandiri, motivasi, pengetahuan kewirausahaan terhadap minat berwirausaha (Studi kasus pada mahasiswa FEB UKSW Konsentrasi Kewirausahaan),” AJIE (Asian J. Innov. Entrep., vol. 2, no. 03, pp. 291–314, 2017.
[5] Y. Siswadi, “Analisis faktor internal, faktor eksternal dan pembelajaran kewirausahaan yang mempengaruhi minat mahasiswa dalam berwirausaha,” J. Ilm. Manaj. dan Bisnis, vol. 13, no. 1, 2013.
[6] S. Rahmiyanti and R. Nuraisiah, “Pengaruh Pembelajaran Kewirausahaan Terhadap Minat Berwirausaha,” MENDIDIK J. Kaji. Pendidik. dan Pengajaran, vol. 5, no. 2, pp. 103–111, 2019.
[7] P. S. N. Wardhani and D. Nastiti, “Implementasi pendidikan kewirausahaan dalam menumbuhkan minat berwirausaha mahasiswa,” Prima Magistra J. Ilm. Kependidikan, vol. 4, no. 2, pp. 177–191, 2023.
[8] A. N. Hanum, “Pengaruh Mata Kuliah Kewirausahaan Terhadap Minat Mahasiswa Menjadi Wirausaha,” VALUE ADDED Maj. Ekon. Dan Bisnis, vol. 11, no. 1, 2015.
[9] M. Abdi, “Pengaruh Pemahaman Dan Sosialisasi Terhadap Minat Mahasiswa Dalam Berinvestasi Pada Efek Syariah (Studi Kasus Mahasiswa yang Belum Terdaftar pada GIS FEBI UIN Ar-raniry).” UIN Ar-Raniry Fakultas Ekonomi dan Bisnis Islam, 2023.
[10] N. Trisnawati, “Pengaruh Pengetahuan Kewirausahaan dan dukungan sosial keluarga pada minat berwirausaha siswa SMK Negeri 1 Pamekasan,” J. Ekon. Pendidik. dan Kewirausahaan, vol. 2, no. 1, pp. 57–71, 2014.
[11] N. F. Siagian, “Pengaruh Pengetahuan Manajemen Mahasiswa Terhadap Minat Berwirausaha Yang Didasari Oleh Kecerdasan Emosional,” J. Ekon. Akutansi dan Manaj. Nusant., vol. 1, no. 2, pp. 97–102, 2023, doi: https://doi.org/10.55338/jeama.v1i2.42.
[12] S. Resmi, R. W. Pahlevi, I. Kusumawati, and D. Prasetyo, Literasi Kewirausahaan dan Keuangan: Menguatkan Sikap dan Kompetensi Berwirausaha. Penerbit Salemba, 2023.
[13] N. Harnani, “Model pembelajaran kewirausahaan kreatif melalui praktek usaha dalam menumbuhkan kreatifitas dan inovatif mahasiswa,” Sosiohumaniora, vol. 22, no. 1, pp. 79–87, 2020.
[14] A. Z. Nurfa’ati, “Efektivitas Islamic Entrepreneurship Training Untuk Meningkatkan Motivasi Spiritual Dalam Berwirausaha Pada Mahasiswa Tingkat Akhir,” 2012.
[15] N. Ferizka, M. Ilhamiwati, and C. Puspa Permata, “Pengaruh E-Commerce, Efikasi Diri Dan Mata Kuliah Kewirausahaan Terhadap Motivasi Berwirausaha Mahasiswa Ekonomi Syariah.” Institut Agama Islam Negeri Curup, 2023.
[16] D. Meliani and L. F. Panduwinata, “Pengaruh mata kuliah kewirausahaan dan motivasi berwirausaha terhadap pembentukan jiwa green entrepreneur mahasiswa,” J. Pendidik. Adm. Perkantoran, vol. 10, no. 1, pp. 16–30, 2022.
[17] T. P. Hapsari, “Peran Lingkungan Kampus Dalam Memoderasi Pengaruh Mata Kuliah Kewirausahaan Terhadap Minat Wirausaha,” J. Ekon. Pendidik. Dan Kewirausahaan, vol. 6, no. 2, pp. 197–214, 2018.
[18] R. Mardikaningsih and D. Darmawan, “PENGARUH PRESTASI AKADEMIK, LITERASI BISNIS, DAN GAYA HIDUP TERHADAP INTENSI MAHASISWA BERWIRAUSAHA,” J. Ilm. Satyagraha, vol. 6, no. 2, pp. 249–261, 2023.
[19] T. A. Lestari, S. A. Rachmat, S. Sulastri, and N. Nurmaningsih, “PELATIHAN ENTREPRENEURSHIP KEWIRAUSAHAAN PADA SISWA SMK,” Abdi J. Publ., vol. 1, no. 6, pp. 580–584, 2023.
[20] A. Wibowo, “SEMINAR BISNIS dan KEWIRAUSAHAAN,” Penerbit Yayasan Prima Agus Tek., p. 119, 2022.
[21] S. Hutasuhut and A. Rahmadsyah, “LAPORAN KEMAJUAN PENELITIAN HIBAH BERSAING MODEL PENGEMBANGAN PEMBELAJARAN KEWIRAUSAHAAN BERBASIS DUNIA USAHA (PKBDU) UNTUK MENINGKATKAN JIWA ENTREPRENEUR DAN HASIL BELAJAR MAHASISWA UNIVERSITAS NEGERI MEDAN,” 2015.
[22] I. Fatimah, A. Syam, M. Rakib, R. Rahmatullah, and M. Hasan, “Pengaruh Literasi Kewirausahaan dan Peran Orang Tua Terhadap Kesiapan Berwirausaha Mahasiswa Pendidikan Ekonomi Fakultas Ekonomi Universitas Negeri Makassar,” Indones. J. Soc. Educ. Stud., vol. 1, no. 1, pp. 83–93, 2020.
[23] D. Wangania et al., “Implementasi Pendidikan Kewirausahaan Melalui Inovasi Terhadap Usaha Mahasiswa Universitas Teknologi Sulawesi Utara,” Pandawa Pus. Publ. Has. Pengabdi. Masy., vol. 2, no. 2, pp. 1–10, 2024.
[24] S. Al Idrus and M. A. MM, Strategi pembelajaran kewirausahaan: aplikasi pembelajaran mata kuliah kewirausahaan di perguruan tinggi. Media Nusa Creative (MNC Publishing), 2017.
[25] R. D. Erlin, “PENGARUH PERSEPSI TENTANG RESIKO USAHA, PERKEMBANGAN MEDIA SOSIALDAN MATA KULIAH KEWIRAUSAHAAN TERHADAP MINAT BERWIRAUSAHA PADA MAHASISWA PENDIDIKAN EKONOMI FKIP UNIVERSITAS LAMPUNG TAHUN 2022,” 2023.
[26] M. Kristiyanti, “Rancang Bangun Prototype Berbasis Web Sebagai Implementasi Praktik Wirausaha Mahasiswa Di Kota Semarang,” 2014.
[27] N. E. Sari and N. T. Habsari, “Pengaruh Mata Kuliah Kewirausahaan Terhadap Minat Ber-Entrepreneur,” Equilib. J. Ilm. Ekon. Dan Pembelajarannya, vol. 4, no. 2, pp. 135–143, 2016.
[28] S. Siregar, “Metode penelitian kuantitatif: dilengkapi dengan perbandingan perhitungan manual & spss,” 2015.
[29] F. Santi, “Pengaruh Matakuliah Kewirausahaan Terhadap Minat Berwirausaha Mahasiswa Prodi Perbankan Syariah UIN Ar-Raniry.” UIN Ar-Raniry, 2021.
[30] H. Kurniawan, “Model Pendidikan Kewirausahaan Bagi Pengembangan Kemandirian Santri Di Pondok Pesantren Al-ikhlas Gowongan Genuk Kecamatan Ungaran Barat Kabupaten Semarang Tahun 2012,” Skripsi, 2012.
[31] S. A. Syafak, “Perbedaan Karakteristik Wirausaha Etnis Cina dengan Wirausaha Pribumi dalam Perspektif Ekonomi Islam (Studi di Pasar Kecamatan Sumber Rejo Kabupaten Tanggamus).” UIN Raden Intan Lampung, 2017.
[32] D. W. P. Ranto, “Membangun perilaku entrepreneur pada mahasiswa melalui entrepreneurship education,” J. Bisnis, Manajemen, dan Akunt., vol. 3, no. 1, 2016.
Published
2024-06-30
How to Cite
ANAM, Moh Saiful et al. PENGARUH MATA KULIAH KEWIRAUSAHAAN TERHADAP MINAT BERWIRAUSAHA. Jurnal Ekonomi dan Bisnis (EK dan BI), [S.l.], v. 7, n. 1, p. 339-347, june 2024. ISSN 2621-4695. Available at: <https://jurnal.murnisadar.ac.id/index.php/EKBI/article/view/1425>. Date accessed: 21 july 2024. doi: https://doi.org/10.37600/ekbi.v7i1.1425.
Section
Articles