Dampak Technopreneurship Global Pada Peluang Bisnis Di Masa Depan Menggunakan Prisma
Abstract
Studi ini mengeksplorasi dampak tren technopreneurship global selama 5 dekade terakhir terhadap peluang bisnis di masa depan, mengidentifikasi faktor-faktor kunci dalam pengembangan technopreneurship dan memungkinkannya untuk membentuk lanskap kewirausahaan global. menganalisis pengaruh technopreneurship terhadap pengembangan peluang bisnis dengan harapan dapat mengidentifikasi faktor-faktor kunci yang berpotensi menciptakan peluang baru, dan menyebarluaskan peran inovasi teknologi dalam membentuk lingkungan kewirausahaan global. Metodologi yang digunakan adalah Systematic Literature Review dengan pendekatan PRISMA, yang melibatkan pencarian sistematis dalam database akademik, normalisasi data, dan meta-analisis menggunakan alat Publish or Perish dan Covidence. Dari 390 artikel yang ditemukan, 98 diseleksi untuk analisis lebih lanjut, dan akhirnya 4 artikel dimasukkan dalam analisis mendalam setelah melalui proses penyaringan PRISMA. Hasil studi menunjukkan bahwa technopreneurship telah secara signifikan mengubah lanskap bisnis global, menciptakan peluang baru melalui inovasi teknologi dan transformasi digital. Temuan utama meliputi pentingnya platform digital dalam kewirausahaan, kualitas manajemen, kemitraan program, dan intensitas model pengembangan berbasis technopreneurship untuk meningkatkan kinerja dan daya saing usaha kecil, serta peran inovasi teknologi di berbagai sektor industri.
References
[2] Mardiyati Sri et al., “Pkm Kewirausahaan Berbasis Teknologi Informasi DiLingkungan Rw.011 Cipinang Melayu,” J. Publ., vol. 1, no. 6, pp. 565–569, 2023, [Online]. Available: https://jurnal.portalpublikasi.id/index.php/AJP/index
[3] M. Zaenal Asikin and M. O. Fadilah, “Masa Depan Kewirausahaan dan Inovasi: Tantangan dan Dinamika dalam Era Digital,” J. Syntax Admiration, vol. 5, no. 1, pp. 303–310, 2024, doi: 10.46799/jsa.v5i1.1023.
[4] P. Fadhillah and A. Yuniarti, “Pemberdayaan UMKM: Melihat Peluang Bisnis UMKM di Era Digital di Desa Ujunge Kecamatan Tanasitolo Kabupaten Wajo,” J. Pengabdi. Masy. dan Ris. …, vol. 2, no. 1, pp. 291–298, 2023, [Online]. Available: http://jerkin.org/index.php/jerkin/article/view/176%0Ahttps://jerkin.org/index.php/jerkin/article/download/176/111
[5] J. Johan, “Inovasi Dalam Teknologi Keuangan: Mengubah Praktik Perbankan Dan Investasi Tradisional,” Curr. J. Ekon. dan Perbank. Syariah, vol. 2, no. 2, pp. 296–314, 2024, doi: 10.32806/4a2g7278.
[6] H. Riofita, Mg. Rifky, L. Raudatul Salamah, R. Asrita, S. Nurzanah, and U. Islam Negeri Sultan Syarif Kasim Riau, “Perubahan Strategi Pemasaran Dalam Menghadapi Tantangan Pasar Konsumen Di Era Digital,” J. Ekon. Manaj. Dan Bisnis, vol. 1, no. 3, pp. 21–26, 2024, [Online]. Available: https://doi.org/10.62017/jemb
[7] D. Sudiantini, M. P. Ayu, M. C. A. S. Aswan, M. A. Prastuti, and Apriliya Melani, “Transformasi Digital : Dampak, Tantangan, Dan Peluang Untuk Pertumbuhan Ekonomi Digital,” Trending J. Ekon. Akunt. dan Manaj., vol. 1, no. 3, pp. 21–30, 2023.
[8] G. Bangsawan, “Kebijakan Akselerasi Transformasi Digital di Indonesia: Peluang dan Tantangan untuk Pengembangan Ekonomi Kreatif,” J. Stud. Kebijak. Publik, vol. 2, no. 1, pp. 27–40, 2023, doi: 10.21787/jskp.2.2023.27-40.
[9] R. T. S. Putra, K. P. Hermansyah, and ..., “Migrasi Bisnis Konvensional Ke Model Digital: Tantangan Dan Peluang Dalam Transformasi Pada Bisnis Fashion Erigo,” Musytari Neraca …, vol. 4, no. 9, pp. 1–19, 2024, [Online]. Available: https://ejournal.warunayama.org/index.php/musytarineraca/article/view/2743%0Ahttps://ejournal.warunayama.org/index.php/musytarineraca/article/download/2743/2584
[10] O. Lumintang and K. Edowai, “Pengembangan Kompetensi UMKM Kota Jayapura Berkarakter Tecnopreneurship Membuka Segmen Pasar Baru dengan Digital Marketing untuk Memasuki Pasar Global,” vol. 1, no. 1, 2023.
[11] Y. Yuliana, “Peningkatan Daya Saing Bisnis melalui Technopreneurship,” Reviu Akuntansi, Manajemen, dan Bisnis, vol. 1, no. 2, pp. 103–113, 2021, doi: 10.35912/rambis.v1i2.556.
[12] H. Y. Wono et al., “Media Sosial , Literasi Digital , Dan Inovasi Bisnis,” J. Ilm. Manaj. dan Bisnis, pp. 77–86, 2020.
[13] A. Nuravianti and R. Fitriani, “Inovasi Produk Dan Analisis Kelayakan Bisnis Pada Lemari Pakaian Kayu,” Performa Media Ilm. Tek. Ind., vol. 20, no. 2, p. 85, 2021, doi: 10.20961/performa.20.2.48370.
[14] Ismi Zuhairah, Diana Novita, Rahayu Rahayu, Asnidar Asnidar, and Ahmad Ridha, “Analisis Determinan Tingkat Kemiskinan Di Provinsi Jawa Barat,” CEMERLANG J. Manaj. dan Ekon. Bisnis, vol. 4, no. 1, pp. 09–20, 2023, doi: 10.55606/cemerlang.v4i1.2231.
[15] Fauzi, Leni Rahmayana, Ika Wulandari, and Bagus Hari Sugiharto, “Mengapa Digitalisasi Akuntasi Harus di Lakukan Pada Perusahaan UMKM : Sebuah Tinajaun Pustaka,” J. Akt. Ris. Akunt. dan Keuang., vol. 5, no. 1, pp. 43–56, 2023, doi: 10.52005/aktiva.v5i1.179.
[16] M. R. Aulia, Z. Lubis, I. Effendi, and Junaidi, “Leveraging Quality Management and Partnership Programs for Technopreneurial Success: Exploring their Impact on MSME Performance,” APTISI Trans. Technopreneursh., vol. 5, no. 2, pp. 157–168, 2023, doi: 10.34306/att.v5i2.303.
[17] A. Arifwangsa Adiningrat, “The Development of Intensity Model on Technopreneurship to Improve Turnover in Micro, Small and Medium Enterprises (MSMEs) Culinary in Makassar, Indonesia,” Int. J. Econ. Dev. Res., vol. 4, no. 1, pp. 2023–372, 2023.
[18] R. Machmud, N. F. Wuryaningrat, and D. Mutiarasari, “Technopreneurship-Based Competitiveness and Innovation at Small Business in Gorontalo City,” Int. J. Sustain. Dev. Plan., vol. 17, no. 4, pp. 1117–1122, 2022, doi: 10.18280/ijsdp.170408.
[19] R. Tarmizi, N. Septiani, P. A. Sunarya, and ..., “Harnessing digital platforms for entrepreneurial success: A study of technopreneurship trends and practices,” … Technopreneursh. …, 2023, [Online]. Available: https://att.aptisi.or.id/index.php/att/article/view/360