STRATEGI MEMPERTAHANKAN BISNIS KELUARGA PADA USAHA KULINER JARING DAHLIA HAJI FATIMAH BANJARMASIN KALIMANTAN SELATAN

  • Adista Anjar Diany Sekolah Tinggi Ilmu Ekonomi Pancasetia

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui strategi yang dilakukan usaha keluarga sehingga mampu bertahan hingga beberapa generasi. Penelitian ini menggunakan penelitian kualitatif deskriptif, data yang diperoleh dari hasil wawancara, hasil pengamatan, penelusuran dokumen arsip, catatan dilapangan dan dokumentasi. Agar mampu mempertahankan bisnis keluarga dalam persaingan diperlukan strategi internal dan eksternal manajemen. Strategi internal berupa strategi dalam pemasaran, produksi dan operasional, Keuangan, dan Sumber Daya Manusia. Sedangkan secara eksternal menggunakan Porter’s Five Forces Model. Suksesi dalam bisnis keluarga juga patut dipertimbangkan karena berpengaruh terhadap jalannya bisnis dalam mempertahankannya selama mungkin. Inovasi dan mutu menjadi strategi yang sangat diperhatikan oleh Jaring Dahlia Haji Fatimah Banjarmasin Kalimantan Selatan.


Keywords: Bisnis Keluarga, Strategi Bisnis, Manajemen Bisnis, Porter’s Five Forces Model, Suksesi Bisnis

References

[1] Bocken, N., Short, S., Rana, P., & Evans, S. (2013). A Value Mapping Tool For Sustainable Business Modelling. Corporate Governance, 13(5): 482 – 497. DOI: http://dx.doi.org/10.1108/CG-06-2013-0078
[2] Christanto, V. 2020. Mempertahankan Bisnis Keluarga Hingga Generasi Keempat Pada Usaha Kuliner Tahu Campur Cak Kahar Surabaya. Jurnal AGORA Vol 8, No. 1. Universitas Kristen Petra .
[3] Djakasaputra, A., 2020. Modul Manajemen Bisnis Keluarga. Universitas Tarumanagara.
[4] Fatyandri, A.,N., Tan, J., Junestin., Rahayu, P.,S.,S., Fahira, A., Reqha, C., A. 2023. Analysis Industry Rivalry And Competition : Analysis Persaingan Kompetitif Perusahaan E-Commerce Shopee Dengan Menggunakan Metode Porter's Five Forces. Jurnal EK&BI, Volume 6, Nomor 1 Juni 2023. DOI 10.37600/ekbi.v6i1.804
[5] Heryjanto, A. 2018. Bisnis Keluarga Tanpa Putera Mahkota. Journal Of Business & Applied Management Vol.11 (No. 1 ) : 68 - 115. Th. 2018 ISSN: 1979-9543.
[6] Julita, R., Asali, A.S., Wijaya, S., 2021. Succession in Family Restaurant Business: An Intergenerational Perspective. Advances in Economics, Business and Management Research, volume 175. Proceedings of the 2nd International Conference on Business and Management of Technology (ICONBMT 2020).

[7] Magfiroh, L., Juliarto, A., 2022. Pengaruh Keterlibatan Keluarga Dalam Bisnis Terhadap Strategi Dan Kompensasi CEO (Studi Empiris Pada Perusahaan Non-Keuangan yang Terdaftar di Bursa Efek Indonesia Tahun 2017-2020). Diponegoro Journal Of Accounting. Volume 11, Nomor 4, Tahun 2022, Halaman 1-15.
[8] Mangkunegara, A.,P. 2020. Sumber Daya Manusia Perusahaan. Cetakan Ketiga Belas. Remaja Rosdakarya : Bandung.
[9] Moore, K., Barrett, M. 2021. The What And How Of Family Business Paradox : Literature - Inspired Distillations And Directions. Sage Journal. Volume 38, Issue 3. DOI: https://doi.org/10.1177/0266242619892149
[10] Paco, A.D., Fernandes, C., Nave, E., Alves, H., Ferreira, J.J., Raposo, M. 2021. Succession Planning And Strategies In Family Business : Multiple Case Study. International Journal of Entrepreneurship Volume 25, Special Issue 1, 2021. Print ISSN: 1099 -9264. Online ISSN: 1939-4675.
[1] Bocken, N., Short, S., Rana, P., & Evans, S. (2013). A Value Mapping Tool For Sustainable Business Modelling. Corporate Governance, 13(5): 482 – 497. DOI: http://dx.doi.org/10.1108/CG-06-2013-0078
[2] Christanto, V. 2020. Mempertahankan Bisnis Keluarga Hingga Generasi Keempat Pada Usaha Kuliner Tahu Campur Cak Kahar Surabaya. Jurnal AGORA Vol 8, No. 1. Universitas Kristen Petra .
[3] Djakasaputra, A., 2020. Modul Manajemen Bisnis Keluarga. Universitas Tarumanagara.
[4] Fatyandri, A.,N., Tan, J., Junestin., Rahayu, P.,S.,S., Fahira, A., Reqha, C., A. 2023. Analysis Industry Rivalry And Competition : Analysis Persaingan Kompetitif Perusahaan E-Commerce Shopee Dengan Menggunakan Metode Porter's Five Forces. Jurnal EK&BI, Volume 6, Nomor 1 Juni 2023. DOI 10.37600/ekbi.v6i1.804
[5] Heryjanto, A. 2018. Bisnis Keluarga Tanpa Putera Mahkota. Journal Of Business & Applied Management Vol.11 (No. 1 ) : 68 - 115. Th. 2018 ISSN: 1979-9543.
[6] Julita, R., Asali, A.S., Wijaya, S., 2021. Succession in Family Restaurant Business: An Intergenerational Perspective. Advances in Economics, Business and Management Research, volume 175. Proceedings of the 2nd International Conference on Business and Management of Technology (ICONBMT 2020).

[7] Magfiroh, L., Juliarto, A., 2022. Pengaruh Keterlibatan Keluarga Dalam Bisnis Terhadap Strategi Dan Kompensasi CEO (Studi Empiris Pada Perusahaan Non-Keuangan yang Terdaftar di Bursa Efek Indonesia Tahun 2017-2020). Diponegoro Journal Of Accounting. Volume 11, Nomor 4, Tahun 2022, Halaman 1-15.
[8] Mangkunegara, A.,P. 2020. Sumber Daya Manusia Perusahaan. Cetakan Ketiga Belas. Remaja Rosdakarya : Bandung.
[9] Moore, K., Barrett, M. 2021. The What And How Of Family Business Paradox : Literature - Inspired Distillations And Directions. Sage Journal. Volume 38, Issue 3. DOI: https://doi.org/10.1177/0266242619892149
[10] Paco, A.D., Fernandes, C., Nave, E., Alves, H., Ferreira, J.J., Raposo, M. 2021. Succession Planning And Strategies In Family Business : Multiple Case Study. International Journal of Entrepreneurship Volume 25, Special Issue 1, 2021. Print ISSN: 1099 -9264. Online ISSN: 1939-4675.
[11] Prayogo, G.A., Kodrat, D.S., Wiryakusuma, I.G.B.Y. 2019. Faktor-Faktor Yang Membentuk Bisnis Keluarga Bertumbuh Secara Berkelanjutan. PERFORMA: Jurnal Manajemen dan Start-Up Bisnis Volume 4, Nomor 2, Juni 2019.
[12] Sugiyono. 2021. Metode Penelitian Kualitatif. Alfabeta, CV : Bandung.
[13] Wardhana, D.Y., Hariwibowo, I.N. 2020. Sustainability Analysis of Family Based Culinary Industry in Indonesia. Review of Integrative Business and Economics Research, Vol. 9, Supplementary Issue 2. Fakultas Ekonomi dan Bisnis, Universitas Sebelas Maret.
Published
2024-12-28
How to Cite
DIANY, Adista Anjar. STRATEGI MEMPERTAHANKAN BISNIS KELUARGA PADA USAHA KULINER JARING DAHLIA HAJI FATIMAH BANJARMASIN KALIMANTAN SELATAN. Jurnal Ekonomi dan Bisnis (EK dan BI), [S.l.], v. 7, n. 2, p. 108-114, dec. 2024. ISSN 2621-4695. Available at: <https://jurnal.murnisadar.ac.id/index.php/EKBI/article/view/1771>. Date accessed: 17 jan. 2025. doi: https://doi.org/10.37600/ekbi.v7i2.1771.
Section
Articles