ANALISIS STRATEGI PEMASARAN DALAM MENINGKATAN PENJUALAN PISANG PASIR MANDHELING DI APLIKASI GO-FOOD

  • Anggraini Safinka Universitas Islam Negeri Sumatera Utara
  • Muhammad Hanafi Ritonga
  • Muhammad Hanafi Ritonga
  • Putri Safa Aulia Lubis
  • Raisa Aulia Rahmah
  • Raisa Aulia Rahmah
  • Sari Wulandari

Abstract

Go-food merupakan layanan pesan-antar makanan layaknya pesan-antar di sebuah tempat kuliner. Go-Food dapat menjadi solusi bagi para pebisnis yang memiliki keterbatasan budget saat memulai usahanya. Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis strategi yang tepat untuk meningkatkan penjualan Pisang Pasir Mandheling, sehingga dapat menjadi acuan bagi para pelaku usaha dalam memaksimalkan potensi penjualan di aplikasi pesan-antar makanan. Penelitian ini menggunakan metode kualitatif dengan pendekatan deskriptif. Berdasarkan hasil penelitian dapat disimpulkan bahwa strategi pemasaran yang dilakukan oleh pisang Pasir Mandheling di aplikasi Go-Food memberikan dampak terhadap tingkat penjualan produknya. Strategi pemasaran yang mereka lakukan yaitu dengan melakukan strategi promosi, melakukan promosi melalui media sosial, dan memberikan diskon di aplikasi Go-Food.


 

References

Asrul, M. (2024). ANALISIS STRATEGI PEMASARAN DALAM MENINGKATKAN JUMLAH PELANGGAN PADA YOTTA CABANG PALLANGGA KABUPATEN GOWA

Fermalani, C. R. (n.d.). PERAN APLIKASI GO-FOOD SEBAGAI MEDIA PENJUALAN ONLINE (STUDI KASUS SEBLAK BLOOM KLATEN).

Gonibala, N., Masinambow, V. A., & Th Maramis, M. (2019). ANALISIS PENGARUH MODAL DAN BIAYA PRODUKSI TERHADAP PENDAPATAN UMKM DI KOTA KOTAMOBAGU. Jurnal Berkala Ilmiah Efesiensi, 19,56-67.

Hartono, H., Hutomo, K., & Mayangsari, M. (2012). PENGARUH STRATEGI PEMASARAN TERHADAP PENINGKATAN PENJUALAN PADA PERUSAHAAN DENGAN MENETAPKAN ALUMNI DAN MAHASISWA UNIVERSITAS BINA NUSANTARA SEBAGAI OBJEK PENELITIAN. BINUS BUSINESS REVIEW, 3(2), 882-897.

Hidayatullah, S., Waris, A., Devianti, R. C., Sari, S. R., Wibowo, I. A., & PW, P. M. (2018). Perilaku Generasi Milenial dalam Menggunakan Aplikasi Go-Food. JURNAL MANAJEMEN DAN KEWIRAUSAHAAN, 6(2). https://doi.org/10.26905/jmdk.v6i2.2560

Indraswari, A., & Kusuma, H. (2018). ANALISA PEMANFAATAN APLIKASI GO-FOOD BAGI PENDAPATAN PEMILIK USAHA RUMAH MAKAN DI KELURAHAN SAWOJAJAR KOTA MALANG. Jurnal Ilmu Ekonomi, 2, 63-73.

Iryani, H. (2019). FEFEKTIFITAS PENGGUNAAN STRATEGI PROMOSI ONLINE MELALUI APLIKASI GO- FOOD PADA UMKM KULINER DI KOTA SEMARANG. Universitas Semarang.

Junus, M., Adriati Wijayanti, R., Marya, D., Wira Yoga, S., Suharto, N., & Hidayati, N. (2020). Strategi Penjualan Makanan Memanfaatkan Fitur Layanan Go-Food pada Aplikasi Gojek untuk Pedagang Kecil & Menengah di Masa Pandemi Covid-19. Prosiding Seminar Nasional Abdimas Ma Chung, 191-202.

Puput. (2023). ANALISIS KEBERHASILAN STRATEGI PEMASARAN ONLINE DALAM MENINGKATKAN DAYA JUAL PRODUK UMKM (Studi Kasus Rumah Makan Ayam G-pux Gunungpati Kota Semarang). Universitas Semarang.

Williem, J., Hendarti, Y., & Prasetyaningrum, N. E. (2022). PENGARUH MODAL KERJA, OMZET PENJUALAN DAN JAM KERJA OPERASIONAL TERHADAP LABA (Studi Kasus Pada UMKM Usaha Rumah Makan Mitra GoFood Di Kabupaten Sukoharjo). Jurnal Penelitian Dan Kajian Ilmiah, 20.
Published
2024-12-28
How to Cite
SAFINKA, Anggraini et al. ANALISIS STRATEGI PEMASARAN DALAM MENINGKATAN PENJUALAN PISANG PASIR MANDHELING DI APLIKASI GO-FOOD. Jurnal Ekonomi dan Bisnis (EK dan BI), [S.l.], v. 7, n. 2, p. 487-490, dec. 2024. ISSN 2621-4695. Available at: <https://jurnal.murnisadar.ac.id/index.php/EKBI/article/view/1893>. Date accessed: 12 feb. 2025. doi: https://doi.org/10.37600/ekbi.v7i2.1893.
Section
Articles