Pengaruh Faktor Model UTAUT (Unified Theory of Acceptance and Use of Technology) Terhadap Niat Generasi Milenial Dalam Menggunakan Mobile Banking di Indonesia

  • Annisa Dwi Oktavianita a
  • Maria Ulfah Siregar Universitas Islam Negeri Sunan Kalijaga

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis tentang niat konsumen menggunakan teknologi baru, dengan menguji aplikasi mobile banking. Penelitian ini mengukur hubungan antara performance axpectancy, effort expectancy, social influence, religiusitas, perceived risk, facilitating condition, technology anxiety terhadap niat perilaku menggunakan mobile banking dan adopting mobile banking. Penelitian ini mengambil sampel pada nasabah dengan kriteria generasi milenial pada Bank Syariah di Indonesia. Analisis data dalam penelitian ini menggunakan beberapa langkap, yang didalamnya meliputi uji validitas, uji reliabilitas, uji statistic deskriptif, uji confirmatory, uji outlier dan uji Strukturan Equation Model serta uji hipotesis. Hasil penelitian ditemukan bahwa performance expectancy berpengaruh secara positif terhadap niat nasabah menggunnakan mobile banking. Hasil penelitian kedua menemukan effort expectancy berpengaruhs ecara positif terhadap niat menggunakan mobile banking, ketiga hasil penelitian ini menemukan social influence berpengaruh secara positif terhadap niat menggunakan mobile banking, keempat religiusitas berpengarus secara positif terhadap niat menggunakan mobile banking, kelima facilitating condition berpengaruh secara positif terhadap niat menggunakan mobile banking, keenam technology anxiety berpengaruh secara negatif terhadap niat menggunakan mobile banking. Penelitian ini juga menemukan bahwa semakin tinggi resiko yang dirasakan oleh konsumen semakin rendah niat konsumen untuk menggunakan mobile banking. Terakhir penelitian ini menemukan bahwa niat yang tinggi akan berpengaruh terhadap penggunaan mobile banking.

Published
2021-12-27
How to Cite
OKTAVIANITA, Annisa Dwi; SIREGAR, Maria Ulfah. Pengaruh Faktor Model UTAUT (Unified Theory of Acceptance and Use of Technology) Terhadap Niat Generasi Milenial Dalam Menggunakan Mobile Banking di Indonesia. Jurnal Ekonomi dan Bisnis (EK&BI), [S.l.], v. 4, n. 2, p. 649-660, dec. 2021. ISSN 2621-4695. Available at: <https://jurnal.murnisadar.ac.id/index.php/EKBI/article/view/414>. Date accessed: 23 mar. 2025. doi: https://doi.org/10.37600/ekbi.v4i2.414.
Section
Articles