TINGKAT MOTIVASI DAN PERILAKU MASYARAKAT PESISIR DALAM BERBELANJA ONLINE SHOP MELALUI PEMBELIAN IMPULSIF

  • Asiah Marpaung Universitas Labuhanbatu
  • Ade Parlaungan Nasution
  • Fauziah Hanum

Abstract

Pertumbuhan dan perkembangan e-commerce di Indonesia sangat pesat begitu pula dengan pertumbuhan internet. Perubahan pola hidup masyarakat untuk beralih berbelanja online dalam pembelian implusif yang memiliki kecenderungan konsumtif dalam berbelanja. Penelitian ini dilakukan untuk mengetahui pengaruh tingkat motivasi dan prilaku belanja online terhadap pembelian impulsif. Jenis penelitian ini yaitu penelitian kuantitatif yang menjelaskan hubungan kausal antar variabel penelitian melalui pengujian hipotesis. Teknik pengambilan sampel menggunakan non-probability sampling dan metode purposive sampling. Ukuran sampel yang digunakan adalah 100 responden dengan ketentuan pernah berbelanja menggunakan aplikasi online shop. Analisis data menggunakan Partical Least Square (PLS) dan dibantu oleh software SmartPLS 4.0. Berdasarkan dari hasil pengujian terhadap hipotesis dalam penelitian ini dapat disimpulkan bahwa (1) variabel motivasi konsumen memiliki pengaruh yang positif dan signifikan terhadap pembelian impulsif, (2) variabel prilaku masyarakat memiliki pengaruh yang positif dan signifikan terhadap pembelian impulsif, dan (3) variabel motivasi konsumen dan prilaku masyarakat memiliki pengaruh yang positif dan signifikan terhadap pembelian impulsif pada masayarakat pesisir Kabupaten Labuhanbatu.

References

Andani, K., & Wahyono, W. (2018). Influence of Sales Promotion, Hedonic Shopping Motivation and Fashion Involvement Toward Impulse Buying through a Positive Emotion. Management Analysis Journal, 7(4), 448–457. https://doi.org/10.15294/MAJ.V7I4.24105
Baron, R. A. (2012). Social psychology. OPAC Perpustakaan Nasional RI. https://opac.perpusnas.go.id/DetailOpac.aspx?id=79677
Baron, R. A., & Byrne, D. (2004). Psikologi sosial / Robert A. Baron, Donn Byrne ; alih bahasa, Ratna Djuwita ... [et al.] ; editor, Wisnu C. kristiaji, Ratri Media | OPAC Perpustakaan Nasional RI. https://opac.perpusnas.go.id/DetailOpac.aspx?id=40163
Cahyaningtya, D. M. F. P. S. R. D. A. (2020). Price Discount Dan Bonus Pack Terhadap Keputusan Pembelian Tidak Terencana (Impluse Buying) Dengan Shopping Motivation Sebagai Variabel Intervening Pepaya Fresh Gallery Denpasar. Jurnal Ilmiah Manajemen Dan Bisnis. http://journal.undiknas.ac.id/index.php/manajemen/article/view/2725/827
Darma, L. A., & Japarianto, E. (2014). Analisa Pengaruh Hedonic Shopping Value Terhadap Impulse Buying Dengan Shopping Lifestyle dan Positive Emotion Sebagai Variabel Intervening Pada Mall Ciputra Word Surabaya. Jurnal Manajemen Pemasaran, Vol. 8, No(2), 80–89. https://doi.org/10.9744/pemasaran.8.2.80-89
G. Schiffman, L. W. (2015). Consumer Behavior Consumer behavior. https://www.worldcat.org/title/consumer-behavior/oclc/970473208
Hafidz, G. P., & Tamzil, F. (2021). Faktor Yang Mempengaruhi Impulse Buying. Jurnal Ekonomi : Journal of Economic, 12(02), 125. https://doi.org/10.47007/jeko.v12i02.4152
Hair, J. F., Sarstedt, M., Ringle, C. M., & Gudergan, S. P. (2021). Advanced issues in partial least squares structural equation modeling (PLS-SEM). https://books.google.ru/books?hl=en&lr=&id=-f1rDgAAQBAJ&oi=fnd&pg=PP1&dq=info:aKjFHq4iNycJ:scholar.google.com&ots=vX4_elI_3_&sig=b5vPtdrah8Gt_MqwF8-l9RP53gA&redir_esc=y#v=onepage&q&f=false
Hogg, M., Askegaard, S., Bamossy, G., & Solomon, M. (1999). Consumer Behaviour: A European Perspective. European Journal of Marketing, 33(5/6), 1–2. https://doi.org/10.1108/ejm.1999.33.5_6.1.1
Kotler, P., & Keller Lane, K. (2009). Manajemen pemasaran / Philip Kotler, Kevin Lane Keller ; alih bahasa, Benyamin Molan ; penyunting bahasa, Bambang Sarwiji (jenni purba, Ed.; ed. 12). Indeks.
Lestari, S. P., & Hidayati, M. (2020). Online Shop Yang Dilakukan Oleh Mahasiswa Di Kota Semarang Pada Masa Pandemi Covid 19. Serat Acitya, 9(2), 132. https://doi.org/10.56444/sa.v9i2.1798
Park, E. J., Kim, E. Y., Funches, V. M., & Foxx, W. (2012). Apparel product attributes, web browsing, and e-impulse buying on shopping websites. Journal of Business Research, 65(11), 1583–1589. https://doi.org/10.1016/j.jbusres.2011.02.043
Rook, D. W., & Fisher, R. J. (1995). Normative Influences on Impulsive Buying Behavior. Journal of Consumer Research, 22(3), 305. https://doi.org/10.1086/209452
Shaleha, W. M., Hamid, N., & Adnan Hakim, A. A. A. (2021). Pengaruh Hedonic Shopping Value, Utilitarian Value, Dan Store Atmosphere Terhadap Impulse Buying Pada Minnisou Lippo Plaza Kendari. Jurnal MANAJERIAL. https://doi.org/10.17509/manajerial.v20i1.26638
Sugiyono. (2017a). Metode penelitian bisnis: pendekatan kuantitatif, kualitatif, kombinasi, dan R&D. Metode Penelitian Kualitatif. http://repository.unpas.ac.id/30547/5/BAB III.pdf
Sugiyono, Prof. (2017b). Metode Penelitian Bisnis: Pendekatan Kuantitatif, Kualitatif, Kombinasi, dan R&D.
Sukarno Wibowo, dedi supriadi. (2017). Ekonomi Mikro Islam Sukarno. CV Pustaka Setia, 4(1), 724–732. https://pesquisa.bvsalud.org/portal/resource/en/mdl-20203177951%0Ahttp://dx.doi.org/10.1038/s41562-020-0887-9%0Ahttp://dx.doi.org/10.1038/s41562-020-0884-z%0Ahttps://doi.org/10.1080/13669877.2020.1758193%0Ahttp://sersc.org/journals/index.php/IJAST/article
Sumarwan, U. (2013). Strategi pemasaran dalam perspektif perilaku konsumen. Strategi Pemasaran Dalam Perspektif Perilaku Konsumen. https://books.google.co.id/books?hl=id&lr=&id=gjP4DwAAQBAJ&oi=fnd&pg=PP1&dq=strategi+pemasaran&ots=hXVqJxjBf9&sig=6Pj42ReEXR_NNXTI4CI0Aplpk3w&redir_esc=y#v=onepage&q=strategi pemasaran&f=false
Ummah, N., & Rahayu, S. A. (2020). Fashion Involvement, Shopping Lifestyle dan Pembelian Impulsif Produk Fashion. Jurnal Penelitian Psikologi, 11(1), 33–40. https://doi.org/10.29080/jpp.v11i1.350
Wahab, Z., Shihab, M. S., Hanafi, A., & Mavilinda, H. F. (2018). The influence of online shopping motivation and product browsing toward impulsive buying of fashion products on a social commerce. Jurnal Manajemen Motivasi, 14(1), 32. https://doi.org/10.29406/JMM.V14I1.1030
Widawati, L. (2011). Analisis Perilaku “Impulse Buying” dan “Locus of Control” pada Konsumen di Carrefour Bandung. Mimbar, XXVII(2), 125–132.
Published
2023-06-28
How to Cite
MARPAUNG, Asiah; NASUTION, Ade Parlaungan; HANUM, Fauziah. TINGKAT MOTIVASI DAN PERILAKU MASYARAKAT PESISIR DALAM BERBELANJA ONLINE SHOP MELALUI PEMBELIAN IMPULSIF. Jurnal Ekonomi dan Bisnis (EK dan BI), [S.l.], v. 6, n. 1, p. 38-45, june 2023. ISSN 2621-4695. Available at: <https://jurnal.murnisadar.ac.id/index.php/EKBI/article/view/772>. Date accessed: 24 june 2024. doi: https://doi.org/10.37600/ekbi.v6i1.772.
Section
Articles