Pengaruh Pengetahuan Manajemen Mahasiswa Terhadap Berwirausaha Yang Didasari Oleh Kecerdasan Emosional
Main Article Content
Abstract
Menumbuhkan jiwa kewirausahaan para mahasiswa perguruan tinggi dipercaya merupakan alternatif jalan keluar untuk mengurangi tingkat pengangguran, karena para sarjana diharapkan dapat menjadi wirausahawan muda terdidik yang mampu merintis usahanya sendiri. Hampir semua Perguruan Tinggi di Indonesia terutama untuk prodi manajemen mengajarkan tentang mata kuliah Enterpreneurship (kewirausahaan). Tujuan penelitian ini adalah menganalisis pengaruh pengetahuan manajemen mahasiswa terhadap minat berwirausaha. Metode pengumpulan data yang dilakukan pada penelitian ini adalah metode survey dengan kuesioner. Hasil dari penelitian ini adalah terdapat pengaruh pengetahuan manajemen mahasiswa terhadap minat berwirausaha, semakin tinggi pengetahuan manajemen mahasiswa mendorong mahasiswa tersebut untuk menerapkan ilmu manajemen yang diperoleh dengan mengembangkan wirausaha, kecerdasan emosional mendasari pengaruh pengetahuan manajemen mahasiswa terhadap minat berwirausaha. Dari hasil penelitian menunjukkan bahwa ternyata kecerdasan emosiaonal berperan penting yang didasari pengetahuan mahasiswa terhadap minat berwirausaha.