PENGEMBANGAN APLIKASI MOBILE UMKM UNTUK MENINGKATKAN PENJUALAN DAN JANGKAUAN PASAR
Abstract
Micro, small, and medium enterprises (MSMEs) play a crucial role in the Indonesian economy, including in Pematangsiantar City, which has more than 29,000 MSMEs. However, MSMEs face various challenges, such as tight competition, limited market access, and lack of adoption of digital technology. This study aims to develop a mobile application for MSMEs to improve operational efficiency, expand market reach, and increase competitiveness. The methods used include literature studies, data collection from local MSMEs, flowchart and ERD-based system design, and application testing to ensure its functionality. The application developed has key features such as product management, digital transactions, and integration with logistics partners and payment systems. The results of the study show that digitalization through mobile applications can increase market reach, accelerate transactions, and provide convenience in business management for MSME actors. Thus, digital transformation through this application has the potential to be an effective solution in increasing MSME growth and supporting business sustainability in the digital era.
References
[2] R. Aulami dan F. Ariani, “Aplikasi E-Marketplace Pada Usaha Mikro Kecil Menengah (Umkm) Berbasis Mobile,” J. Inform. dan Rekayasa Perangkat Lunak, vol. 3, no. 1, hal. 66–72, 2022, doi: 10.33365/jatika.v3i1.1861.
[3] D. F. Hadi, K. Zakiah, dan I. Bandung, “STRATEGI DIGITAL MARKETING BAGI UMKM (USAHA MIKRO KECIL DAN MENENGAH) UNTUK BERSAING DI ERA PANDEMI,” COMPETITIVE, vol. 16, no. 1, 2021, [Daring]. Tersedia pada: http://ejurnal.poltekpos.ac.id/index.php/competitive%7C32
[4] I. Hasian, A. Segara, dan I. Safira, “Perancangan Media Promosi Desain Aplikasi Mobile Tentang Tepung Mocaf Pengganti Tepung Terigu Pada UMKM Arum Ayu Healthy Local Food,” Magenta | Off. J. STMK Trisakti, vol. 6, no. 02, hal. 931–941, 2022, doi: 10.61344/magenta.v6i02.87.
[5] C. D. Journal, F. Ardani, M. R. Adiawati, R. Johnny, dan H. Raharjo, “PEMANFAATAN LAYANAN APLIKASI GOFOOD SEBAGAI STRATEGI PEMASARAN DIGITAL PADA UMKM RAWONSAE,” vol. 4, no. 6, hal. 13108–13112, 2023.
[6] M. Khattami A dan S. Dwi P, “Pembangunan Aplikasi E-Commerce UMKM Angkringan Berbasis Android Dengan Metode Prototype (Studi Kasus: Angkringan Tahu telor tikungan),” J. Ilm. Sains, Teknol. dan Rekayasa, vol. 3, no. 1, hal. 38–46, 2023.
[7] M. N. Kholis dan M. N. Kholis, “Perancangan Aplikasi Pemasaran Produk Umkm Di Desa Kenduruan Untuk Meningkatkan Jangkauan Pasar Dan Daya Saing Bisnis Lokal,” J. Inform. dan Tek. Elektro Terap., vol. 11, no. 3s1, 2023, doi: 10.23960/jitet.v11i3s1.3563.
[8] K. Kunci, . “Kata Kunci : E-Commerce, UMKM, Website, Waterfall, Pizza.,” vol. 10, no. 1, 2022.
[9] P. M.Cs, “Aplikasi Pemesanan Makanan Untuk Meningkatkan Penjualan Bagi Umkm Berbasis Android,” Indones. J. Bus. Intell., vol. 3, no. 2, hal. 48, 2021, doi: 10.21927/ijubi.v3i2.1589.
[10] R. Nababan, J. F. Naibaho, dan Y. Rumapea, “Pemasaran Produk Usaha Mikro Kecil Menengah Menggunakan Model E-Marketplace Berbasis Mobile Studi Kasus Pada Wilayah Tarutung,” METHOSISFO J. Ilm. Sist. Inf. , vol. 2, no. 1, hal. 46–52, 2022, [Daring]. Tersedia pada: http://ojs.fikom-methodist.net/index.php/METHOSISFO
[11] A. Novriansyah dan D. E. Kurniawan, “Pengembangan Aplikasi Pemasaran Ikan Untuk UMKM dan Nelayan Batam dengan Pendekatan User Centered Design (UCD) dan Usability Testing,” J. Appl. Comput. Sci. Technol., vol. 3, no. 1, hal. 163–168, 2022, doi: 10.52158/jacost.v3i1.310.
[12] Robi dan Y. Pernando, “Perancangan dan Implementasi Produk UMKM Aplikasi Vegetarian ‘ VegeYuk ’ Berbasis Android,” vol. 4, no. 4, hal. 246–251, 2023, doi: 10.47065/tin.v4i4.4216.
[13] A. R. Saputra dan M. Malabay, “Perencanaan Strategi Dan Implementasi Sistem Penjualan Umkm Go-Digital Berbasis Web (Studi Kasus Umkm Eskimo),” Ikraith-Informatika, vol. 6, no. 3, hal. 151–160, 2022, doi: 10.37817/ikraith-informatika.v6i3.2219.
[14] C. V. Siagian, R. Kartika Dewi, dan F. Al Huda, “Perancangan User Experience Aplikasi Online Market berbasis Mobile di Masa Pandemi menggunakan Metode Design Thinking,” J. Pengemb. Teknol. Inf. dan Ilmu Komput., vol. 6, no. 3, hal. 1340–1349, 2022, [Daring]. Tersedia pada: http://j-ptiik.ub.ac.id
[15] B. Tedjasuksmana, “Membangun Lingkungan Bisnis UMKM Dalam Pemanfaatan Digital Financial Technology,” Pros. Semin. Teknol. Kebumian dan Kelaut. (SEMITAN II), Inst. Teknol. Adhi Tama Surabaya, hal. 387–390, 2020.
[16] S. H. Yani, Khairullah, dan Novriandi Ario Seno, “Aplikasi Mobile Pemasaran Hasil UMKM Berbasis Android Pada Desa Sumber Agung Bengkulu Utara,” JSAI (Journal Sci. Appl. Informatics), vol. 6, no. 1, hal. 11–16, 2023, doi: 10.36085/jsai.v6i1.4645.
[17] A. Yulianto, M. J. Wardana, dan A. P. Hapsari, “Pemanfaatan Marketplace Shopee Untuk Meningkatkan Pemasaran Produk Terhadap UMKM Pabrik Oto ’ Mabrur Di Desa Bungbaruh Kecamatan Kadur Kabupaten Pamekasan,” 2023.
[18] N. Zakaria dan F. Annisa, “Perencanaan E-Commerce sebagai Strategi Penjualan Produk Batik Tenun di Kota KEDIRI,” Gener. J., vol. 4, no. 1, hal. 23–30, 2020, doi: 10.29407/gj.v4i1.13779.
[19] S. D. S. R. M. Sonang, “Analisis Optimasi Fungsi Pelatihan Machine Learning Neural Network dalam Peramalan Kemiskinan,” J. Edukasi dan Penelit. Inform., vol. 7, no. 3, hal. 359, 2021, doi: 10.26418/jp.v7i3.50092.
[20] S. Y. A. S. Sonang, “Image Transformation With Lung Image Thresholding and Segmentation Method,” J. RESTI (Rekayasa Sist. dan Teknol. Informasi), vol. 7, no. 2, hal. 278–285, 2023, doi: 10.29207/resti.v7i2.4321.
[21] E. Sonang, Sahat; Sirait, “Expert system rekomendasi perjalanan wisata danau toba monaco of asia,” vol. 6, hal. 446–453, 2023, doi: 10.37600/tekinkom.v6i2.1117.