IMPLEMENTASI K-MEANS DALAM EVALUASI KINERJA DOSEN POLITEKNIK BISNIS INDONESIA

  • Sahat Sonang

Abstract

Dalam rangka meningkatkan mutu Pendidikan Tinggi di Indonesia, Pemerintah mengatur  Standar Nasional Pendidikan Tinggi melalui Peraturan Menteri Pendidikan dan Kebudayaan Republik  Indonesia No.49 Tahun 2014. Dimana dosen merupakan  salah satu bagian  yang sangat penting dalam meningkatkan mutu pendidikan tinggi. Untuk mengetahui kualitas Dosen, maka pihak kampus akan melakukan evaluasi kepada setiap dosen yang mengajar. Pada penelitian ini, penulis mencoba membangun sebuah sistem  untuk mengevaluasi kinerja Dosen berdasarkan kriteria: Kesesuaian waktu mengajar, Ketepatan masuk naskah ujian, Ketepatan masuk koreksi nilai, Evaluasi proses belajar mengajar, Penelitian, dan pengabdian kepada Masyrakat. Untuk memperoleh hasil evaluasi kinerja Dosen penulis menggunakan metode Algoritma K-Means.            Dari hasil pengolahan data 20 orang dosen sebagai data sampel maka diperoleh hasil kinerja dosen yang dibagi dalam 4 kelompok yaitu: Sangat Baik, Baik, Cukup, Kurang. Dari hasil tersebut dapat disimpulkan proses  pengambilan keputusan sangat optimal dengan menggunakan metode K-Means.

Published
2018-06-29
How to Cite
SONANG, Sahat. IMPLEMENTASI K-MEANS DALAM EVALUASI KINERJA DOSEN POLITEKNIK BISNIS INDONESIA. Jurnal Teknik Informasi dan Komputer (Tekinkom), [S.l.], v. 1, n. 1, p. 32-40, june 2018. ISSN 2621-3079. Available at: <https://jurnal.murnisadar.ac.id/index.php/Tekinkom/article/view/49>. Date accessed: 18 may 2025. doi: https://doi.org/10.37600/tekinkom.v1i1.49.
Section
Articles